EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Usaha Kecil Online

Memanfaatkan Internet – Merintis Usaha Kecil Online



Ketika mulai mengenal dunia internet, bayangan saya yang disebut bisnis online itu sesuatu yang sulit dan susah untuk diikuti oleh orang awam yang tidak memiliki dasar pengetahuan IT seperti saya. Tetapi ternyata setelah berani mencoba, ternyata yang saya perkirakan itu tidak sepenuhnya benar. Sebab kenyataannya dengan hanya bermodalkan pengetahuan yang pas-pasan ternyata saya juga bisa juga mengikuti dan menjalankan bisnis online walaupun mungkin tidak secerdas anda yang sudah menjadi webmaster atau memiliki pengetahuan IT.

Saya sekarang berani mengatakan, bahwa belum tentu semua webmaster mengerti dan bisa menjalankan internet marketing atau bisnis online.. tetapi sebaliknya semua internet marketer sudah pasti mengerti website/blog, sebab website/blog tidak bisa dipisahkan dengan blog/website.

Usaha online yang biasa dijalankan oleh seorang internet marketer biasanya mulai dari usaha kecil seperti halnya usaha konvensional di dunia nyata. Yang saya maksudkan usaha kecil online adalah bisnis online dengan biaya kecil, contohnya menjadi publiser iklan PPC, bergabung menjadi affiliate untuk membantu memasar ebook orang lain. Usaha online yang lebih besar lagi misalnya menjadi owner affiliate produk tertentu, membuat situs pelatihan online, membuat situs iklan umum dsb.

Sudah banyak sekali yang berminat, telah dan sedang menjalankan usaha online atau bisnis online. Ada yang berhasil dan sukses, ada yang biasa-biasa saja, dan ada banyak sekali yang terputus di tengah perjalanan. Boleh dikatakan usaha online itu gampang-gampang susah.. banyak susahnya dari pada gampangnya. Seperti itulah kenyataannya tidak bisa dipungkiri.

Tapi, semua itu sebenarnya kembali lagi kepada niat, kemauan, dan kemampuan masing-masing dalam menjalaninya. Belajar dari pengalaman orang lain sangat membantu untuk menumbuhkan motivasi diri untuk menumbuhkan niat dan kemauan. Sebagai contoh, rata-rata orang Indonesia mencapai sukses dalam bisnis online minimum pada tahun ke 4 seperti halnya Anne Ahira, Dini Shanti, Joko Susilo, Adrian Fitra, Edy Sihombing dll. Jadi kalau seseorang baru 1 tahun menjalankan usaha online sudah ingin ada hasilnya, saya kira itu merupakan sesuatu yang tidak mungkin.

Saya termotivasi untuk menjalankan usaha kecil online bukan untuk cepat berhasil, melainkan saya termotivasi untuk ingi bisa dan mengerti seluk beluk internet marketing, dengan memiliki ilmu dan pengetahuan yang memadai saya punya keyakinan pada suatu saat saya pasti berhasil seperti orang lain. Dan untuk itu saya harus belajar dan menuntut ilmunya dari orang yang sudah berhasil.  Saya ingin memanfaatkan dan menggunakan teknologi internet untuk kegiatan yang bisa menghasilkan uang, bukan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Sebab jaringan internet yang kita pasang harus kita bayar setiap bulannya. Sayang sekali kalau internet yang kita pasang dan kita bayar setiap bulan hanya kita gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Usaha kecil online bisa dijalankan oleh siapa saja yang sudah bisa mengoperasikan komputer dan sedikit mengetahui internet. Hal yang paling harus diingat bahwa, kegiatan usaha di dunia maya untuk tahap awal janganlah terlalu diharapkan hasilnya, tetapi yang terpenting harus diyakini kelak pada suatu saat pasti ada hasilnya. Jadikanlah usaha seperti ini sebagai usaha untuk masa depan.. 3 atau 4 tahun ke depan sambil terus belajar dan jangan berhenti menimba ilmu pengalaman.

Untuk meyakini dan menumbuhkan motivasi diri, tentunya kita harus mencoba praktek usaha online mulai dari yang paling kecil setelah sedikit mendapat pengetahuan internet marketing.  Jika seandainya anda belajar dan terus belajar tanpa melakukan praktek, maka sampai kapanpun tidak akan memperoleh pembuktian. Pembuktian yang saya maksudkan adalah hasil, walaupun nilainya sangat kecil.

Contoh : misalkan anda membuat sebuah blog dengan tema asuransi, semua artikel menggunakan bahasa inggris. Untuk sumber penghasilan blog, anda fokus sebagai publisher google adsense. Dengan memasang kode adsense pada blog anda, maka iklan-iklan adsense yang tampil pada blog anda tentunya iklan-iklan yang sesuai dengan kata kunci yaitu tentang asuransi. Dalam usaha kecil online seperti ini, maka penghasilan blog anda sangat ditentukan jumlah klik iklan anda. Besar kecilnya jumlah klik sangat ditentukan oleh besar kecilnya jumlah pengunjung blog anda. Untuk kasus seperti ini, pada tahap awal sudah dipastikan penghasilan anda pasti sangat kecil dan katakanlah 0,5 dollar se hari. Dengan penghasilan yang sangat kecil tersebut anda jangan putus asa, malah sebaliknya anda harus bersemangat dan tentunya sambil mempelajari kasus tersebut dan bertanya pada diri sendiri.. mengapa blog orang lain bisa menghasilkan >25 dollar sehari, sedangkan punya sendiri 1 dollarpun tidak. Sebenarnya jawabannya anda sudah tahu, yaitu karena pengunjung blog anda masih sedikit. Jadi, yang harus anda fikirkan selanjutnya bagai mana caranya agar traffik blog anda >5000 per hari. Nah.. untuk itu makanya perlu waktu, 1 tahun, 2 tahun dst.. tergantung bagaimana cara anda mengelola blog tersebut (ada caranya). Caranya anda harus terus belajar mendalami ilmu internet marketing.

Kesimpulannya, usaha online bukan usaha yang cepat berhasil, apalagi cepat kaya. Sebaiknya tujuan dalam merintis usaha online sejak dini harus termotivasi oleh tujuan jangka panjang (bukan jangka pendek) misalkan untuk  3 – 4 tahun ke depan. Saya sendiri termotivasi menjalani bisnis online adalah untuk bekal dan kegiatan saya di masa pensiun, makanya saya mulai belajar dan mengikuti pelatihan internet marketing jauh-jauh hari menjelang pensiun. Anda yang masih muda dan sudah bekerja sebagai PNS atau karyawan swasta dan memiliki kemampuan komputer dan internet yang hebat, seharusnya lebih semangat dari pada orang se usia saya ini. Belajarlah kepada Anne Ahira jika anda tertarik dengan usaha online untuk masa depan anda yang lebih baik dari sekarang.


Posting terkait  bisnis onlinebisnis-online-bisnis-internetbudaya-bisnis-online, blog untuk bisnis online

Situs terkait keyword usaha kecil online : usaha-kecil.com, gusbud.web.id, peluangusahakecil.net, radhisa-bisniskreatif.com, bisnisukm.com, joko susilo.com

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme